Minggu, 24 Juni 2012

PSIKOLOGI ANAK

PSIKOLOGI ANAK
ANAK DAN MEDIA
DOSEN PENGAMPU : ARI PRATIWI
 

NAMA : CHITRA YUANITA
NIM : 105120307111065


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2012

ANAK DAN MEDIA : DORAEMON VS CRAYON SHINCAN

DORAEMON
Kalian pasti pernah nonton Kartun Doraemon kan di tv? Kartun Doraemon merupakan serial kartun yang sangat fenomenal.Bagaimana tidak? Kartun ini digemari dari generasi  ke generasi.Tidak hanya film kartunnya saja,ternyata kartun Doraemon  juga ada komiknya.Petualangan Doraemon adalah judul salah satu serial komik terpopuler didunia.Diciptakan oleh Fujiko F Fujio sejak tahun 1969. Petualangan Doraemon mengisahan tentang seorang anak pemalas yaitu bernama nobi nobita yang didatengi oleh robot kucing dari masa depan.tepatnya abad 22 bernama doraemon.Nobi Nobita,anak kelas 5 SD yang pemalas dan sering diganggu oleh Giant dan teman-temannya. Tidak pandai dalam olahraga dan juga dalam pelajaran sekolah. Walaupun begitu, ia pandai dalam membuat teka-teki, bermain karet dan menembak. Sifatnya yang terlalu baik dan suka menolong terkadang malah menyeretnya ke dalam masalah. Dirinya dari masa depan seringkali datang kembali dengan mesin waktu untuk menyuruh Nobita belajar. Ini diakibatkan kemalasan Nobita sewaktu disekolah dasar yang akhirnya terbawa ketingkat selanjutnya dan membuat dirinya yang lebih tua menyesal dan mencoba merubahnya seperti ituIa dikirim untuk membantu Nobita mengatasi segala masalahnya agar tidak kesulitan finansial di masa depan kehidupannya yang disebabkan karena kebodohan. Doraemon sangat menyayangi dan setia kepada Nobita. Seringkali ia menolong Nobita walaupun ia sendiri dalam kesusahan. Sebenarnya Doraemon sendiri adalah robot canggih yang diciptakan sendiri oleh Nobita ( nobita Dewasa ). Doraemon diciptakan saat Nobita sudah berumur sekitar separuh baya, Doraemon dengan senang hati mendengarkan semua keluhan dan membantunya. Doraemon juga mampu memahami perasaan manusia, baik itu sedih, takut, marah, gembira, simpati, dan lainnya.Serial komik Doraemon beredar pada tahun 1974.Pada tahun-tahun berikutnya kartun Doraemon tidak hanya dinikmati negeri Sakura lagi namun kartun ini juga digemari disejumlah negara Asia misalnya Indonesia,Malaysia,Singapura dan menyusul bberapa negara lainnya.Cerita yang disuguhkan kartun Doraemon dapat membekas pada anak-anak dan memuaskan imajinasi mereka tentang benda-benda yang dikeluarkan dari kantong ajaib Doraemon yang dapat mengatasi masalah.



CRAYON SHINCAN
Dari berbagai acara televisi untuk anak antara lain film kartun, film boneka, drama anak-anak, acara televisi yang paling banyak digemari adalah film kartun, apalagi sebuah stasiun televisi swasta terkemuka telah menyediakan waktu khususnya untuk memutar film kartun untuk anak. Salah satu film kartun minggu pagi yang banyak ditonton adalah film kartun Crayon Shinchan. Cerita yang dibuat film ini bermula dari komik terkenal Crayon Shinchan yang dibuat oleh Yoshito Usui dari Jepang. Dari 10 tokoh yang sering muncul antara lain Crayon Shinchan, Hiroshi Nohara (ayah Shinchan), Misae (ibu Shinchan), Ziro (anjing kesayangannya), Yoshinaga (ibu guru), kepala sekolah dan teman-temannya, tokoh Crayon Shinchanlah yang ditonjolkan sebagai anak TK berusia 5 tahun yang sangat nakal dan konyol. Kenakalannya melebihi anak-anak seusianya, sehingga sering membuat masalah pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarga, guru dan teman-temannya. Tokoh Crayon Shinchan adalah tokoh yang anti sosial, cenderung melawan apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang anak. Film kartun yang seharusnya untuk konsumsi anak usia 15 tahun ke atas, telah bergeser menjadi tontonan segala usia termasuk juga anak-anak di bawah usia tersebut. Film kartun Sinchan adalah edisi visual dari komik Crayon Sinchan karya Yoshito Usui. Edisi komiknya sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh PT. Indorestu Pasific dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pembaca di tanah air. Sedang film kartun Sinchan saat ini disiarkan oleh stasiun televisi swasta RCTI setiap hari Minggu pukul 8.30 BBWI.
Dalam edisi filmnya, karakteristik film Sinchan tidak jauh berbeda dengan komik Crayon Sinchan. Hanya saja dimodifikasi di beberapa bagian. Dalam edisi film kartun, Sinchan tidak sekonyol dan sejorok dalam edisi komiknya. Sinchan seringkali melakukan hal-hal konyol dan cendrung nakal seperti mengajak orang menari sambil menggoyang-goyangkan pantatnya saat dalam lift atau memberi minum ibunya yang sakit dengan seember air.Selain sisi negatif, tokoh Sinchan juga sering melakukan kritik pada orang tuanya atau orang lain yang dianggapnya melakukan sesuatu yang salah. Kritik yang disampaikan Sinchan dilakukan secara lugas, khas gaya anak-anak yang lugu dan tanpa dosa. Selain itu Sinchan juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tak terduga dan membutuhkan jawaban yang cukup sulit bagi seorang anak.

Data Umum

Jenis: Komik
Judul: Nobita & The green giant Legend
Tahun 2008, 96 halaman
Jenis : Film
Judul : Crayon Shincan
Durasi :1jam  tahun 2005

Penyampaian content
Komik hitam putih

Content
Menceritakan tenntang bagaimana Doraemon,Nobita dan kawan-kawan mempunya teman pohon yang layaknya manusia hidup.pohon itu  dijaga dan dirawat.sehingga pada saatnya pohon itu disimpan planet lain.setelah beberapa tahun nobita dan kawan-kawan mengalami hal yang membuat planet pohon marah dan geram atas kelakuan planet bumi yang tidak pernah mau menjaga bumi dan melestarikan pengehijauan padahal itu penting.Sehingga planet pohon berniat buat menghacurkan bumi.Nobita dan kawan-kawan sadar akan pentingnya menjaga bumi.karena jika bukan penduduk bumi sapa lagi yang akan menjaga bumi dan dengan  bantuan Doraemon mereka melawan niat planet pohon untuk menghijaukan bumi.Dengan beberapa pelawan Doraemon,Nobita dan kawan-kawan berhasil dan mereka berdamai dengan melalui persidangan  antar planet bumi dan pohon.Maka dari itu Nobita dan kawan-kawan berniat akan  menjaga bumi dan akan mengajak  yang lain menjaga bumi.Bumi wajib dijaga buat penerus kita.
Menceritakan Shincan yang sedang mengantar mamanya belanja dengan Himawari (adik shincan).Pada saat belanja shincan meminta dibelikan baju  tetapi mamanya tidak memberikanya malah mamahnya menjanjikan akan membelikan kue pahlawan bertopeng asalkan pada saat mamanya belanja shincan mau menjaga himawari sehingga shincan mengeluh.tetapi shincan bisa melupakan kekesalnya ketika melihat pelayan toko yang sangat cantik dan seksi .Shincan pun menggangu  pelayan toko itu sehingga membuat pekerja pelayan toko itu berantakan dan kelakuan shincan seperti anak yang sudah cukup umur buat mengoda pelayan toko itu.Tanpa shincan sadari himawari sudah dia terlantarkan sihngga himawari mengacaukan barang-barang yang ada ditoko tersebut.
Tujuan/materi yang ingin disampaikan/pelajaran yang bisa diambil
Untuk mengajarkan menjaga bumi.dan melestarikan penghijauan untuk kepentingan  bersama
Dalam film ini mengajarkan hal yang kurang baik  seperti contohnya shincan yang masih berumur 5 tahun tetapi sudah bisa merayu cewek dan terkadang dalam film shincan terlihat seperti anak yang bodoh dan malas.
Sasaran pembaca/penonton
-          Dalam komik ini Semua umur boleh membacanya namun lebih cocok pada usia 7-12 tahun  karena jalan ceritanya penuh dengan imajinatif pembaca
-          Cocok untuk ditonton oleh anak laki laki dan perempuan
- Dalam film ini buat anak –anak tetapi dalam film malah mengajarkan hal kurang baik buat anak-anak yang menonton
- Tidak cocok buat ditonton sebab pesan dari film tersebut tidak menyampaikan pesan moral yang baik
Pengemasan media (kelebihan&kelemahan)
-          Sesuai dengan tujuan
-          Sesuai dengan usia yang dituju
-          Kurangannya adalah gambar yang kurang jelas dan terkadang gambar dengan cerita tidak cocok atu tidak relevan dengan imajinasi pembaca
- Animasi yang sangat menarik
- Sangat bermanfaat bagi anak untuk menjadi pedoman yang baik
-          Tidak sesuai dengan usia anak anak.
     -  Tidak mengajarkan perilaku yang baik
Teori yang relevan
Vigotsky memandang bahwa sistem sosial sangat penting dalam perkembangan kognitif anak. Orangtua, guru dan teman berinteraksi dengan anak dan berkolaborasi untuk mengembangkan suatu pengertian. Jadi belajar terjadi dalam konteks sosial, dan muncul suatu istilah zona Perkembangan Proksimal (ZPD). ZPD diartikan sebagai daerah potensial seorang anak untuk belajar, atau suatu tahap dimana kemampuan anak dapat ditingkatkan dengan bantuan orang yang lebih ahli. Daerah ini merupakan jarak antara tahap perkembanan aktual anak yaitu ditandai dengan kemampuan mengatasi permasalahan sendiri batas tahap perkembangan potensial dimana kemampuan pemecahan masalah harus melalui bantuan orang lain yang mampu.
·         Dalam mengembangkan setiap kemampuan anak diperlukan scaffolding atau bantuan arahan agar anak pada akhirnya menguasai keterampilan tersebut secara independen. 
·         Vigotsky meyakini bahwa pikiran anak berkembang melalui: (1) Mengambil bagian dalam dialog yang kooperatif dengan lawan yang terampil dalam tugas di luar zone proximal Development; (2) Menggunakan apa yang dikatakan pendidik yang ahli dengan apa yang dilakukan. 
·         Vigotsky menekankan bahwa perkembangan kognitif seorang anak sangat dipengaruhi oleh sosial dan budaya anak tersebut tinggal. Setiap budaya memberikan pengaruh pada pembentukan keyakinan, nilai, norma kesopanan serta metode dalam memecahkan masalah sebagai alat dalam beradaptasi secara intelektual. Budayalah yang mengajari anak untuk berfikir dan apa yang seharusnya dilakukan.
Menonton televisi merupakan tergolong aspek hiburan. Menurut Elizabert B. Hurlock hiburan merupakan aktifitas bermain yang bersifat pasif. Pada awalnya anak-anak lebih menyukai permaian aktif yang cenderung berbentuk eksploratori motorik, namun sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan usia anak, anak-anak akan lebih menyukai permaian yang pasif seperti menonton televisi atau membaca.Tidak dapat dipungkiri anak-anak telah banyak meniru tayangan-tayangan televisi seperti halnya yang ada di crayon shincan












Analisis dari kedua Media
Dalam Komik Doraemon yang berjudul Nobita & The green giant Legend menceritakan tentang bagaimana Doraemon,Nobita dan kawan-kawan mempunya teman pohon yang layaknya manusia hidup.pohon itu  dijaga dan dirawat.sehingga pada saatnya pohon itu disimpan planet lain.setelah beberapa tahun nobita dan kawan-kawan mengalami hal yang membuat planet pohon marah dan geram atas kelakuan planet bumi yang tidak pernah mau menjaga bumi dan melestarikan pengehijauan padahal itu penting.Sehingga planet pohon berniat buat menghacurkan bumi. Suatu hari makhluk dari Planet Hijau ingin menghancurkan bumi, karena manusia bumi dianggap telah berbuat kejam pada alam. Doraemon, Kebo, Nobita dan kawan-kawannya berjuang melawan menghalangi makhluk dari planet hijau yang ingin menghancurkan bumi.Nobita dan kawan-kawan sadar akan pentingnya menjaga bumi.karena jika bukan penduduk bumi sapa lagi yang akan menjaga bumi dan dengan  bantuan Doraemon mereka melawan niat planet pohon untuk menghijaukan bumi.Dengan beberapa pelawan Doraemon,Nobita dan kawan-kawan berhasil dan mereka berdamai dengan melalui persidangan  antar planet bumi dan pohon.Maka dari itu Nobita dan kawan-kawan berniat akan  menjaga bumi dan akan mengajak  yang lain menjaga bumi.Bumi wajib dijaga buat penerus kita.
Dalam tayangan televisi Crayon Sinchan yang menjadi tokoh utamanya adalah Sinchan anak TK berusia 5 tahun, dia mempunyai karakter yang cukup kuat untuk mempengaruhi perilaku anak-anak yang menontonnya terutama bagi anak-anak yang sebaya dengan tokoh sinchan tersebut. Waktu penayangan film Crayon Sinchan disalah satu stasiun televisi swasta dari hari minggu pukul 8.30 wib cukup tepat karena tidak mengganggu waktu belajar anak-anak. Dan porsi yang hanya 30 menit dengan total iklan sekitar 15 menit penayangannya dalam sehari adalah proporsi yang cukup relevan dengan isi dari film tersebut. Menurut hasil penelitian yang penulis.Pada setiap episode tayangan Crayon Sinchan ditemukan hampir semuanya mengandung unsur moral negatif dengan diimbangi pesan moral yang baik. Adapun pesan moral yang menujuk ke perilaku prososial didapat adalah: kerjasama antar teman, menolong anak anjing, menjaga adik sinchan (Himawari), menuruti perintah ibu, menolong pekerjaan rumah ibu, (tolong menolong) menolong anak yang sedang dijailin teman lain, memberi makan shiro (anjingnya)/ mengasihi binatang, mengembalikan barang yang Sinchan temukan di jalan kepada Bapak polisi (jujur) dan yang lainya. Kemudian adegan dengan unsur moral negatif adalah: mencuri, berbohong, melakukan kenakalan, tidak menututi perintah ibu, membuka celananya, menganggu perempuan dewasa, menyukai hal-hal seks,  memukul, membangkang, bertindak kasar, berkelahi, menyindir / mengejek, memaksa dll. Kecenderungan perilaku tokoh utama, Sinchan yang selalu melakukan sesuatu dan menyelesaikan masalah dengan kehendak hatinya sendiri, menjadi kemenarikan dari tayangan tersebut sehingga perilaku-perilaku yang dilakukan oleh tokoh utama mudah ditiru oleh anak-anak. Selain itu perilaku tokoh Sinchan yang selalu memandang kecantikan wanita secara seksual yang diperlihatkan dalam setiap adegannya membuat anak cenderung memberikan pesan negatif mengenal seksualitas secara dini. Tayangan Crayon Sinchan ini dalam klasifikasi membutuhkan bimbingan orang tua. Sampai saat ini Stasiun televisi yang menayangkan Crayon Sinchan masih melabeli tayangan ini dengan peringatan “bimbingan orang tua” ( BO ) di bagian kiri atas layar kaca televisi.
Dari kedua media televisi maupun media cetak pun sama sama memberikan dampak bagi penontonnya terutama anak-anak.Karena dalam kartun tersebut anak-anak lah yang sering menonton atau membaca media cetak seperti komik.Sebagai orangtua pun harus membimbing anak-anaknya dalam melakukan aktifitasnya

My opinion/conclusion

Saya lebih menyukai kartun dalam komik Doraemon karena tokoh kartun Doraemon lebih bisa mengajarkan anak-anak tentang hal-hal yang baik sesuai dengan judul komiknya seperti contoh judul dalam komik ini Nobita & The green giant Legend sehingga dalam komik ini anak-anak diajarkan untuk bisa mencintai bumi,menjaga bumi,ikut  dan bagaimana anak-anak  bisa ikut dalam penghijauan bumi agar bumi tidak rusak dan bisa dinikmati bersama.Sehingga dalam komik Doraemon banyak hal yang bisa dipetik buat membantu perkembangan anak sebab jika komik yang dibaca tidak mengajarkan hal yang kurang baik akan menganggu perkembangan anak tersebut karena apa yang mereka lihat dan baca,mereka bisa menirunya , itu yang bisa membuat terkadang perkembangan mereka memburuk atau dengan kata lain tidak sesuai dengan perkembangan anak jaman sekarang. Menurut film itu, semua orang harus bisa menjaga bumi dengan baik dengan selalu memelihara pohon dan tanaman dengan baik. Jika kita tetap serakah akan kekayaan bumi kita, dan terus menebangi pohon demi kepentingan diri sendiri, kita akan sengsara di masa depan. Rawatlah tanaman dengan baik seperti orangtuamu telah merawatmu sejak kecil hingga sekarang dengan kasih sayang dan cinta yang tulus, sehingga dapat berguna bagi lingkungan bumi dan kehidupan manusia. Perlu kalian ketahui, pohon dan tanaman juga butuh kasih sayang, cinta, dan perawatan yang baik tulus dari hati paling dalam seorang manusia. Dengan begini, tumbuhan dapat hidup dengan baik, lebih baik dari tumbuhan2 yang dirawat asal-asalan oleh pemiliknya. Saya sangat ingin semua orang di dunia tidak bosan menonton film kartun. Jangan dikira film kartun hanya untuk menyenangkan anak2 saja, film kartun lebih banyak mengandung moral baik yang  berguna. Bahkan film kartun sebenarnya jauh lebih layak ditonton dibanding sinetron yang kebanyakan mengajari kekerasan. Sangat besar keinginan saya agar Indonesia juga bisa membuat film animasi kartun yang memiliki banyak moral baiknya bagi anak2. Belajarlah dari arti hidup yang sebenarnya, dan kau akan menemukan berbagai manfaat dan pelajaran yang baik.  

Sedangkan media yang satu lagi dalam tokoh crayon shincan,menurut saya Sikap dan perilaku tokoh dalam film kartun Crayon Sinchan berdampak negatif pada anak-anak mengingat kepribadian mereka cenderung belum matang sehingga informasi yang ada akan selalu diserap secara mentah  tanpa tahu akibatnya dikemudian hari. Tontonan ini cenderung membuat anak bersikap impulsive. Secara umum sangat dibutuhkan pemantauan dan pendampingan orang tua jika menyiasati acara yang ditayangkan agar anak tidak menafsirkannya sendiri. pengawasan anak oleh orang tua, masyarakat, dan pemerintah perlu ditingkatkan melihat perkembangan iptek didunia ini dinilai cukup pesat. Penyaringan tayangan televisi sangat penting terutama penayangan acara yang ditujukan untuk anak-anak agar tidak memberikan pengajaran yang tidak terarah demi meningkatkan kualitas moral generasi muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar